Selamat datang dan belajar sesuatu dari kehidupan saya ini

Terimakasih karena telah sudi mampir di blog saya yg sederhana ini,silahkan komen ataupun sekedar say hai,itupun sudah terlalu mewah buat seorang saya.

teriring doa untuk kesejahteraan kita bersama

-didot-

Sabtu, 23 Januari 2010

Utang


Utang.

Saya masih ingat kata guru spiritual saya, ‘memberi tidak boleh melihat siapa orangnya,memberi saja ,untuk melatih keikhlasan kita.’

namun memang ,serba salah dalam memberi bantuan,karena kadang ada yg jadi 'tuman' alias kebiasaan,karena dikit2 jadi minta kita terus.

Saya mau share beberapa prinsip dalam memberikan utang (bukan dalam cara berutang pada orang lain ya,itu sih pintar2 anda aja buat pasang muka melas ;p )

1. Memulai dari yg kecil,artinya gini : saat kita memberi pertolongan kita kan belum tau karakter orang ini gimana ,berikanlah dari yg kecil dulu dan kita ikhlaskan pertolongan ini ,anggap aja pasti gak balik,jadi menolong semampu kita. misalnya gini ,saat ada yg mau pinjam 500 ribu ke kita sementara kita belum tau karakternya dia (apakah akan balikin atau susah balikinnya atau malah sama sekali gak bakal balik) lebih baik kita kasih 50 ribu atau 100 ribu (kalo kita punya uang segitu,kalo gak mungkin hanya 10 atau 20 ribu gapapa juga)  ,tergantung keikhlasan kita,anggap aja sedekah kita.

Tapi jangan pernah menilai orang dengan melihat tampilan luarnya ,misalnya dia pakai mobil mewah ,terus kita jadi mikir ,dia pasti gak butuh uang orang dia lebih kaya dari kita?! Belum tentu kawan. Prinsipnya orang gak akan minta kalo gak kepepet (seandainya mereka gak deket sama kita) jadi memang orang yg minta itu  pasti udah kepepet banget sampai minta ke kita. Jadi berikanlah bantuanmu tanpa memandang hal2 seperti itu (semampu kita saja),karena orang yg paling kaya bukan orang yg punya segalanya,tapi orang yg mampu memberikan kepada sesamanya sesuatu ,apakah itu hanya sebuah senyuman ataupun materi (ingat senyuman juga ibadah lho,dan gak semua orang mampu memberikan senyuman yg tulus kepada sesamanya manusia)

2. Jika utang yg pertama belum lunas ,jangan pernah meminjamkan lagi utang berikutnya. nah dengan menggabungkan prinsip satu dengan kedua ini kita bisa menghindari masalah yg lebih besar.

saya sendiri kemaren baru aja ada yg minta tolong, bekas anak buah dulu, saya kaget juga udah lama dia gak nongol dalam hidup saya ,kok tiba2  sms terus nanya2 kabar saya (tumben amat,hehe) , tapi saya berprasangka baik dulu dong ah:D . terus dia bilang kalo dia sekarang lagi ada keperluan,dan perlu uang untuk persiapan kelahiran anaknya (dia lagi hamil 8 bulan) serta untuk cicilan motor suaminya . nah dia janji mau balikin nanti pas gajian dengan dicicil. Ternyata setelah sebulan berlalu dia tidak ada kabarnya,pas saya sms ke dia dan nanya ,dia bilangnya mau bayar bulan depan lagi, karena lagi ada kebutuhan mendadak (udah mulai curiga nih kalo ada sesuatu yg gak bener). terus pak akhir bulan berikutnya lagi, saya Tanya ke dia ,akhirnya dia malah mau datang minta ketemuan langsung dengan saya. Dengan diantar suaminya ke kantor ,dia menjelaskan kalo dia sedang ada masalah di kantor,bahwa dia udah dipecat (yg berarti dia bohong kalo mau bayar dari gajinya mencicil setiap bulan) ,disini saya sudah mulai kurang suka,tetapi masih mencoba bersikap ramah. tenyata dia terlibat kasus penggelapan uang di kantor (tambah gak simpatik deh jadinya).

Yang paling ngeselin ternyata dia mau pinjam uang lagi sama saya,terus mau jaminin motor suaminya (yg masih kredit baru beberapa bulan jadi gak ada BPKBnya,lalu apa yg mau dijaminin?? Fisiknya mah gak ada nilainya buat saya) ,saya bilang kalo saya gak ada uang lagi untuk dipinjamkan,saya juga sedang punya banyak kebutuhan,jadi saya gak bisa minjamin dia (padahal saya ada sih ,tapi saya udah gak respek sama dia karena udah ingkar janji pembayarannya). dengan kecewa dia pulang. Beberapa minggu kemudian, suaminya sms saya pake hape dia (keliatannya udah rada desperate) ,bilang kalo dia udah coba kesana kesini belum dapat2 pinjaman juga,kira2 bisa gak dia pinjam uang ,dia minta tolong banget karena sekarang istrinya udah di tahan dipolsek.

dengan berat hati saya tetap bilang saya tidak ada uang,karena saya juga punya kebutuhan ,sorry aja nih,soalnya saya dari dulu udah megang prinsip2 ini,jadi jangan harap dapat pinjaman dari saya kalo belum ngelunasin utang pertama ke saya (yg mana pasti jumlahnya kecil karena sesuai keikhlasan saya)


Btw menurut cara pembayarannya ,maka ada beberapa macam tipe pengutang :
1. Sebelum diminta udah kesadaran telepon dan bayar saat punya rejeki (ini yg paling saya suka)
2. Harus diminta dulu baru ngasih ,kalo gak diminta gak inget sama utangnya,mungkin juga karena merasa kita belum butuh karena belum nanyain jadi dia merasa belum perlu dibayar. (yang tipe gini masih mendingan lah)
3. Diminta susah,kadang ditelponin susah ,gak diangkat ,sms gak dibalas ,gak ada niat baik buat bayar utang,malah ada yg marah2 kalo ditagih ,padahal kita yg punya uang kok malah berasa kita yg punya utang sama dia jadinya.

Nah tipe pengutang yg jenis manakah anda? Saya udah pernah ketemu semuanya yg model begitu,yg paling jarang memang yg sebelum diminta udah bayar,kalo model begini pasti saya akan pinjamin lagi besok2 (kalo lagi ada uangnya juga buat dipinjamin lho,hehehe) wussssshhhhh *kabur sebelum pada mau minjem uang;p



N.B : tulisan ini terinspirasi juga dari tulisan 'dilematis'nya om trainer disini


2 komentar:

  1. Benar sekali Dot ...
    Ada tiga hal ...
    - Pemikiran Seperti inilah (kurang lebih) yang saya pikirkan ketika menuliskan postingan tersebut.

    - kita tentu ingin sekali membantu ... semampu kita ... namun kadangkala (tidak semua sih) yang kita bantu itu menjadi tidak berusaha ... (istilah jawannya "tuman" or "ketagihan" berhutang ...

    - Terima kasih Dot ... sudah melink tulisan saya ... (jujur tersirat dalam hati saya waktu kamu berkomentar di Blog saya ... "wah kalau saja Didot mau mempostingkan komentar itu akan bagus juga tuh, untuk sharing kita semua ...) ...
    eeehhh ndak taunya kamu akhirnya nulis juga jadi postingan tersendiri ...)(hehehehe)

    Salam saya Dot

    BalasHapus
  2. makasih om udah mampir,jujur juga saya saat baca tulisan om langsung komentar panjang lebar karena saya memang sedang mempersiapkan tulisan ini ,baru draftnya aja. nah pas tulisan om itu keluar jadi saya langsung mencurahkan semuanya deh disitu,hahaha....

    jadi memang sengaja saya posting lagi,kan didunia ini gak ada yg terjadi kebetulan katanya,hanya ada sesuatu yg terjadi karena sebuah alasan yg tepat:)

    BalasHapus

isi kertas ujian ini :

hits