Selamat datang dan belajar sesuatu dari kehidupan saya ini

Terimakasih karena telah sudi mampir di blog saya yg sederhana ini,silahkan komen ataupun sekedar say hai,itupun sudah terlalu mewah buat seorang saya.

teriring doa untuk kesejahteraan kita bersama

-didot-

Rabu, 03 Februari 2010

Ditegur di masjid

by : didot (www.universitas-kehidupan.blogspot.com )

Belum lama ini seorang teman bercerita bahwa saat hendak sholat berjamaah di sebuah masjid ditegur,lantaran celananya kepanjangan,jadi disuruh digulung. Cara dan bahasa negurnya pun kurang simpatik menurut saya, gimana tidak,udah rapi barisan mau sholat berjamaah malah disuruh menggulung celananya dengan ditegur di depan orang banyak.

Kalo saya jadi dia,ada dua kemungkinan : saya pergi dari situ,atau saya sholat sendirian aja mendingan.

Apa yg salah? bukankah masalah fikih ini masih banyak terdapat ruang perdebatan? kenapa satu golongan harus memaksakan pendapatnya kepada golongan yg lain? bukankah golongan yg satu ini pun juga bisa salah? lagipula urusan sepele seperti itu kan bukan sesuatu yg fatal,setidaknya teman saya ini masih mau datang sholat,masih pake celana yg bersih dan pantas untuk sholat. bukan pake celana pendek atau bolong,ataupun pake celana kolor babe doang.

Seharusnya teguran itu bisa nanti setelah sholat,itupun masih bisa dengan cara yg jauh lebih baik dan elegant ,tidak di depan orang banyak ,didatangi secara pribadi,lalu disampaikan bahwa 'sebaiknya' celananya digulung,agar mengikuti sunah rasul. sekali lagi ,itu persoalan sunah,bukan wajib,jadi sebaiknya tidak dipaksa juga. Teguran seperti ini jelas jauh lebih simpatik buat kita semua,termasuk teman saya itu pastinya,ketimbang mempermalukan di depan orang banyak untuk sesuatu yg memang 'debatable'.

Lagipula nih,kalo boleh ngomong lagi,bukankah yg seharusnya ditegur itu orang yg di luar sana,yg udah jamnya sholat tapi masih sibuk jalan2,yg udah saatnya khutbah jumat tapi masih pada belanja2,masih pada tidur2an,masih ngerokok2 di warung,masih makan,de el el ,de es te...

Gimana mau bersatu umat islam di indonesia? sedangkan yg benar saja bisa potensi saling menjatuhkan? merasa paling  benar sendiri? Yah saya kembaliin kepada teman2 saja lah,semoga umat islam di indonesia bisa lebih dewasa lagi di masa kedepannya, bukan cuma ributin hal2 yg sepele aja. Problem bangsa ini masih jauh lebih besar. Umat muslim indonesia harus bersatu padu untuk menyelesaikan persoalan bangsa ini. Indonesia memang umat muslim terbesar di dunia,tapi jelas secara kualitas belum memadai.

gimana dengan teman2? ada pengalaman yg serupa?

6 komentar:

  1. jadi inget tweet-nya Quraish Shihab kemaren di twitter:
    "jangan lah memaksakan pendapat meskipun engkau benar, Tuhan saja tidak pernah memaksa kok"

    BalasHapus
  2. chic : wow ,keren chi bahasanya *jempol

    BalasHapus
  3. waduh kalo kejadian ini terjadi di hampir semua mesjid, bisa-bisa mesjid jadi sepi

    BalasHapus
  4. iya nih ,masjidnya sengaja gak disebutin,keknya itu pengurusnya rada fanatik sama satu aliran tertentu deh sen;)

    BalasHapus
  5. Astaghfirullah, orang2 itu merasa bahwa dialah yang paling benar dan sempurna dlm beribadah, padahal yang sempurna itu hanya Allah swt semata.
    pelajaran yg bisa diambil disini, menegur seseorang hendaknya dgn cara baik seperti yg diajarkan oleh Rasulullah dan para sahabat.
    Terima kasih Mas Didot sudah mengingatkan.
    salam.

    BalasHapus
  6. makasih bunda,memang bukan cuma pesannya yg harus baik,tapi juga cara menyampaikannya ,sekalipun itu suatu kebenaran,supaya bisa diterima dengan baik:)

    BalasHapus

isi kertas ujian ini :

hits