Selamat datang dan belajar sesuatu dari kehidupan saya ini

Terimakasih karena telah sudi mampir di blog saya yg sederhana ini,silahkan komen ataupun sekedar say hai,itupun sudah terlalu mewah buat seorang saya.

teriring doa untuk kesejahteraan kita bersama

-didot-

Rabu, 03 Februari 2010

Guru yang terhebat

by : didot (www.universitas-kehidupan.blogspot.com )

Alkisah ada 3 orang murid yang saling membanggakan gurunya masing2. Murid pertama membanggakan gurunya yg bisa jalan di atas air ,murid kedua membanggakan gurunya yg tak kalah hebatnya yang bahkan bisa terbang di udara,murid ketiga dengan santainya tanpa merasa kalah dengan kedua temannya cuma bilang : "kalo guru saya itu tetap yg terhebat,karena saat makan beliau makan,saat bermain beliau bermain,saat belajar beliau belajar"

Nah apa yg menarik dari cerita diatas? ternyata ukuran hebat seseorang memang berbeda satu sama lain. Pernah guru spiritual saya berkata "kalo belajar suatu ilmu bertahun tahun cuma hanya untuk bisa jalan diatas air,saya bisa melakukan itu hanya dalam lima menit,cukup menyewa sebuah perahu saja"

Ya temanku yang baik,kalau kita belajar suatu ilmu kemudian kita menjadi besar kepala dan sombong karena merasa lebih ,buat apa juga? bukankah ilmu yg baik itu seperti ilmu padi? makin berisi makin merunduk? kalau kita bisa jalan diatas air,apakah tujuan kita? banggakah kita dengan hal itu? untuk apa itu semua kalau hanya untuk kesombongan diri? bukankah ilmu itu untuk kebaikan kita di dunia dan akherat? kalau cuma bikin kita dibenci Allah,masih pentingkah ilmu itu bagi kita?

Murid ketiga dalam cerita tadi menurut saya juga ada benarnya,berapa banyak diantara kita ,saat makan pikirannya ke pekerjaan? saat bekerja pikirannya ke main? dan seterusnya? pikiran kita tak pernah konstan menjalani apa yg kita jalani,tapi melayang2 kemana,sehingga sulit bagi kita untuk menikmati setiap detil kehidupan yg sedang terjadi dalam hidup ini.

Mari kita pikirkan bersama,apakah definisi hebat itu? orang terkaya kah? orang paling terkenal kah? orang paling suka menolong kah? atau orang biasa saja yg mampu menikmati hidupnya? orang paling banyak ilmunya kah? atau mungkin teman2 disini punya pendapat lain?

4 komentar:

  1. Kereen pencerahannya Dot, Ilmu Padi memang patut dijadikan contoh sebagai Guru Kehidupan !! Sukses Buat Didot.



    Keep Posting with Smile'
    Rafi

    BalasHapus
  2. hebat itu kalau sesorang udah berbuat kebaikan buat orang lain dan buat dirinya sendiri. gimana? salah yak :D

    BalasHapus
  3. alhamdulillah, mendapat pencerahan disini.
    kalau menurut bunda, orang yg dibilang hebat itu pd saat ia menjadi manusia yg bermanfaat utk orang lain.
    tetapi seperti Mas Didot bilang, tiap orang punya pendapat masing2.
    salam.

    BalasHapus
  4. rafi : betul bro,ilmu padi itu bener banget kok,thanks ya:)
    venus : gak ada yg salah,semuanya bener,kan semua itu relatif tergantung latar belakang dan persepsi orang masing2. jadi pendapat mbak venus itu benar juga;)
    bunda : nah ini udah pasti bener juga;p

    btw kok jadi kek pak tino sidin ya?? bener semua eh bagus semua:D

    BalasHapus

isi kertas ujian ini :

hits