Selamat datang dan belajar sesuatu dari kehidupan saya ini

Terimakasih karena telah sudi mampir di blog saya yg sederhana ini,silahkan komen ataupun sekedar say hai,itupun sudah terlalu mewah buat seorang saya.

teriring doa untuk kesejahteraan kita bersama

-didot-

Sabtu, 21 Juni 2008

give and receive

Give and receive

By Didot

Kemarin ceritanya saya lagi dijalan naik mobil,trus tiba2 di sebelah saya ada anak kecil tukang minta2, kebetulan saya lagi pengen berbuat baik, banyak2in pahala di bulan ramadhan katanya,soalnya pahalanya berlipat2 di bulan ini.
nah jadi saya kasih deh tuh anak seribu perak,dan ternyata dia langsung mengucapkan terimakasih sambil lari kegirangan. 

pikir saya " wah kalo saya kasih 1000 aja dia senengnya kayak begitu,ngasih 5000 pun saya rela,apalagi kalo senangnya anak itu bisa 5 kali lipat dari itu ,saya pasti seneng banget.

Saya sering ngasih pengemis ,tapi reaksi mereka berbeda2 ,ada yg langsung aja ngeloyor pergi tanpa say thanks, ada yang cuma manggut2,ada yang ngedoain kita ,ada yang bilang terimakasih dan ada yg kayak tadi itu kegirangan banget.

masalah saya adalah kalo dikasih tanpa dia bilang terimakasih tuh kayaknya hati saya agak sedih ya,karena saya gak minta apapun kecuali senyuman yang tulus dan terimakasih,toh saya juga gak bakalan miskin gara2 ngasih dia uang segitu kok.

Inilah yang mengganggu pemikiran saya,kok saya gak ikhlas ya ngasih sedekah,saya mengharapkan sesuatu dari mereka,entah itu sekedar senyuman atau ucapan terimakasih. kenapa saya gak bisa tulus?

kisah ini saya ceritain sama seorang temen saya ,dan dia bilang gini " itulah dot kalo hidup masih take and give pasti loe bakalan sakit hati"

"hah??" kata saya, lho bukannya hidup itu mesti take and give ya, pikir saya? ibarat kita makan melulu kalo gak buang air kan pastinya perut kita mules tuh.. atau juga buang air melulu tanpa makan pasti lama2 isinya kosong dong? 

kata orang bule "what comes in must come out eventually" and vice versa (its the other way around) ,artinya kita juga tidak mungkin memberi terus tanpa menerima,nanti apa lagi yang mau diberi jika kita tidak pernah menerima apapun? kalo udah gak punya apa2 ,apalagi yg mau dikasih?

terus temen saya yang tadi bilang sesuatu yang mencerahkan saya “ bukan take and give dot ,tapi give and receive “.

yup!! setelah saya pikir2 bener juga ya,konsepnya sama,tapi sekaligus juga berbeda,saat kita taking,kita mengambil (dari kata take) sementara receiving itu kan artinya menerima. konsep keluar dan masuknya sama,tapi dalam pengertian yang berbeda,karena yang satu meminta sedangkan yang lainnya cuma menerima saja tanpa menuntut apapun.

Jika kita memberikan kebaikan tanpa mengambil dari orang lain (keikhlasan) ,pasti cepat atau lambat hukum alamnya kebaikan itu akan kembali pada kita,mungkin bukan melalui orang yang sama,bisa dari mana saja. inilah sebuah kebenaran sejati.

jadi dalam kasus sedekah ini saya gak perlu kuatir dengan dibalas atau tidaknya pemberian saya ini dengan sebuah senyuman atau ucapan terimakasih, saya mesti belajar mengikhlaskan diri saya dan yakin bahwa suatu saat nanti semua kebaikan saya akan kembali ke diri saya lagi... amin

jadi sekarang mungkin istilah "take and give" mesti diganti kali ya, dengan "give and receive"??

2 komentar:

  1. saya post sekilas tentang ini di "kenkmatan seorang pecinta" dan "hukum tabur tuai"

    bagi seorang muslim, tentu saja lebih indah memberi karena Allah, karena Allah memerintahkan kita untuk membelanjakan harta, raga, dan jiwa di jalanNya, maka apapun yang bisa kita berikan untuk Allah, termasuk melalui makhlukNya, InsyaAllah itulah perniagaan kita dengan Allah, perniagaan yang tidak pernah merugi

    BalasHapus
  2. yup, saya sudah berusaha sejak lama mengganti itu TG (take-give) dengan GR (giving-receiving). Satu hal yang serig kita lupa; menerima pemberian sama baiknya dengan memberi. Karena kebanyakan dari kita malu atau 'menolak' untuk menerima pemberian. Padahal pemberian, apapun bentuknya, seberapapun nilainya, adalah bentuk rezeki yang diberikan sebagai rahmat dari-Nya. :)
    Great posting aniway mas Didot :)

    BalasHapus

isi kertas ujian ini :

hits