Selamat datang dan belajar sesuatu dari kehidupan saya ini

Terimakasih karena telah sudi mampir di blog saya yg sederhana ini,silahkan komen ataupun sekedar say hai,itupun sudah terlalu mewah buat seorang saya.

teriring doa untuk kesejahteraan kita bersama

-didot-

Sabtu, 09 Januari 2010

Niat

Niat
by : didot (www.universitas-kehidupan.blogspot.com )


anda tau gak kekuatan sebuah niat? coba deh lakukan tes sederhana ini sejenak :
1. anda niat push up 20 kali ,lalu lakukan. kemudian ingat2 dihitungan keberapa mulai terasa berat?
2. lakukan percobaan yg sama,tapi niatkan hanya 10 kali, kemudian lanjutkan 10 kali lagi ,sehingga sama2 genap 20.


apa yg beda dari kedua latihan ringan tersebut? ternyata jika kita niatnya lebih besar maka kekuatannya pun akan berbeda ,dalam hal ini lebih besar. kalo gak percaya, boleh kedua tes ini dilakukan dengan waktu yg agak jauh (biar bisa recovery dulu tenaganya:D )

nah ,ada sebuah cerita menarik lain dari niat ini,seperti kita tau ,di dalam islam beberapa ibadah dan amalan katanya membutuhkan niat agar sah sebagai syaratnya (ada sebagian ulama yg berpendapat demikian dan ada juga yg berpendapat sebaliknya)

alkisah suatu ketika ada seorang pemuda yg melewati sebuah pohon besar, pemuda ini keheranan,melihat banyak orang yg memberikan sesajen dan menyembah2 pohon tersebut karena ada 'isinya' (ya... isinya jin atau setan,bukan isi daging;p ). melihat hal ini pemuda itu pun tergerak untuk pulang kerumahnya segera dan mengambil kapak untuk menebangnya karena benci melihat kemusrikan yg terjadi. ini sudah tidak benar katanya dalam hati,demi Allah aku akan menebang pohon itu apapun yg terjadi.



Dalam perjalanan menuju pohon itu setan pun menghadangnya di jalan dan singkat cerita mereka bertengkar dengan hebatnya ,diakhiri kekalahan di pihak sang iblis. di saat kalah tersebut setan alias iblis menawarkan sesuatu kepada si pemuda tersebut.



"pulanglah ke rumahmu,maka setiap hari kamu bangun tidur ,kamu akan mendapatkan koin emas dibawah tempat tidurmu,sehingga kamu bisa gunakan harta itu untuk membangun sekolah agama dan tempat ibadah sehingga para pemuda di desamu tidak perlu jatuh ke dalam kemusrikan" demikian setan menggoda pemuda tersebut.


Akhirnya pemuda itupun pulang ,dan mendapati koin emas di bawah tempat tidurnya setiap hari saat terbangun. begitu seterusnya berlangsung beberapa hari. Suatu hari pemuda itu terbangun dan tidak mendapati koin emas dibawah tempat tidurnya,sehingga iapun merasa marah karena tertipu oleh setan. Dia segera berangkat membawa kapaknya untuk menebang pohon itu.

di tengah perjalanan pemuda ini kembali bertemu dengan iblis,lalu bertempurlah mereka dengan hebat,namun kali ini pemuda tersebut kalah. pada saat2 terakhirnya pemuda itu bertanya,mengapa engkau begitu kuat kali ini?

Sang iblis pun menjawab : 'terakhir kali kau kesini ,niatmu murni karena Allah,namun kali ini kau datang karena mengharap harta yg tak ada. Karena niatmu itulah dulu engkau menang melawanku,karena Allah telah menolongmu,sedangkan kini aku menang karena Allah tidak ada dipihakmu'

demikian akhirnya pemuda itu mati dengan mengenaskan,karena setan telah menyesatkan niatnya.

nah teman2 sekalian,terbukti kan niat itu punya kekuatan besar?

bisa jadi seorang suami keluar rumah bukan karena ingin berbakti dengan niat beribadah kepada keluarganya,melainkan hanya mencari kehebatan untuk dirinya sendiri. dalam hal ini perbuatannya sama,tapi nilainya jauh berbeda.

Inna amalu binniat : segala perbuatan tergantung niatnya.

2 komentar:

  1. setuju 100%! tapi gini.. kalo laki2 keluar rumah itu pasti ada keinginan untuk menghebatkan diri lah. kan kita punya ego. ga salah juga kan jadi orang hebat :D

    BalasHapus
  2. gak ada yg salah dengan jadi orang hebat,tapi sekali lagi perlu diluruskan niatnya,untuk apa kita hebat?? :)

    BalasHapus

isi kertas ujian ini :

hits