Selamat datang dan belajar sesuatu dari kehidupan saya ini

Terimakasih karena telah sudi mampir di blog saya yg sederhana ini,silahkan komen ataupun sekedar say hai,itupun sudah terlalu mewah buat seorang saya.

teriring doa untuk kesejahteraan kita bersama

-didot-

Kamis, 27 Agustus 2009

mengapa ramadhan tidak setahun penuh??

Mengapa ramadhan tidak setahun penuh??

By : didot

www.universitas-kehidupan.blogspot.com


Bulan ramadhan selalu jadi sebuah momentum yg baik bagi setiap insan beragama muslim untuk memulai suatu perubahan. Perubahan menuju yg baik tentunya. Bahkan tidak hanya terbatas pada kaum muslimin saya katakan,kenapa? Bahkan yg non muslim pun ikut mengirimkan sms kata2 maaf lahir batin kepada saya di awal2 memasuki bulan ramadhan.aa beberapa yg non muslim pun ikut berpakaian lebih sopan, malah ada juga yg ikutan puasa lho, itulah sebagian daripada efek bulan ramadhan ini.Saya juga melihat teman2 yg jarang sholat mulai sholat lagi , walaupun belum maksimal.

Secara general nampak ada sebuah momentum pergerakan dimana2 oleh umat muslim dan juga non muslim di indonesia ini setiap tahunnya saat bulan ramadhan.

Jadi sebuah pertanyaan buat saya ,jikalau bulan puasa ini mendatangkan kebaikan, alangkah indahnya jika bulan ini bisa lebih panjang dan tidak hanya sebulan saja datangnya. Bagaimana jika 2 bulan atau lebih? dan bagaimana jika 1 tahun penuh saja? Bukankah akan lebih baik?? Apakah akan lebih baik jika sepanjang tahun puasa itu diwajibkan , Allahualam,hanya Allah saja yg tau bahwasanya mengapa puasa itu hanya sebulan saja diwajibkan (Saya tidak bermaksud meragukan keputusan Allah yang telah menetapkan bahwasanya puasa itu hanya sebulan ,tetapi sekedar menggali makna dibalik keputusanNYA saja.)

Mengapa sebulan? Dan bukan setahun??

Pernah saya ikut suatu seminar yg diselenggarakan oleh perusahaan multi level marketing tingkat dunia. Pasti sebagian besar orang telah mengenal dengan baik perusahaan ini. Saya bukan mau membicarakan tentang produk dari perusahaan tersebut. Tapi saya ingin mengkaitkan sistem motivasi yang dipakai perusahaan tersebut untuk menjaga tingkat motivasi para anggotanya.

Lihatlah grafik berikut ini :







Di gambar tersebut ada 3 warna yg merupakan pertemuan dalam rangka peningkatan motivasi perusahaan tersebut.
- Warna biru / info nite diadakan setiap minggu sekali atau lebih sering.
- Warna kuning / Business Building Seminar diadakan sebulan atau 3 bulan sekali (maaf saya lupa persisnya).
- Warna biru / Leadership Seminar diadakan setahun sekali.

Catatan : Tidak penting apakah BBS diadakan sebulan atau 3 bulan sekali dalam pembahasan saya kali ini , karena saya cuma mau membahas esensi dari pertemuan2nya saja.

Intinya dalam pertemuan2 yg diadakan oleh perusahaan MLM tersebut secara rutin ,mereka sadar bahwasanya motivasi seseorang itu selalu naik turun (dinamis) , turun secara alamiah jika dibiarkan dan Naik kembali jika dimotivasi .Turunnya motivasi disebabkan oleh penolakan2 diluar sana ,dan naik kembali motivasinya Oleh cerita2 sukses rekan2 yang lain serta apresiasi dari pihak perusahaan selain reward yg lumayan besar juga jumlahnya tentunya.

Cukup dengan MLM, kita pindah ke masalah iman. Nah dalam hal kedinamisan ini (naik turunnya motivasi) ,motivasi dan iman bisa kita katakan hampir mirip sifatnya satu sama lain. Iman pun sifatnya naik turun alias dinamis dan berubah2 setiap saat , karena itu lah perlu juga iman kita dimotivasi agar dapat terjaga kualitasnya.

Bagaimanakah menjaga iman ini?? Kalau menganalogikan dengan motivasi seperti gambar diatas , maka untuk setahun sekali ada bulan ramadhan seperti yg sedang kita jalani bersama ini tentunya (warna merah pada gambar). Nah kalau untuk yang seminggu sekali dan sebulan sekali tentunya ada grup2 pengajian dan taklim dilingkungan kita. Nah
majelis2 ilmu inilah yang seharusnya rutin kita ikuti agar iman kita selalu terangkat kembali saat tergerus sedikit demi sedikit oleh waktu dan lingkungan yang mempengaruhinya. Kenapa demikian?? Karena lingkungan kita banyak hal2 negatif yang dapat menurunkan kualitas iman kita. Banyak ajakan2 setan diluar sana yg dapat menurunkan iman kita dengan cepat.

Oleh karena itu marilah momentum ramadhan kali ini kita manfaatkan sebaik2nya sebagai suatu momentum untuk meningkatkan kualitas iman kita, dan saya juga mengajak para pembaca yang budiman untuk tetap
menjaga kualitas iman kita di bulan2 setelah ramadhan ini dengan mengikuti kajian2 dan grup2 yang dapat meningkatkan iman kita. Selain itu rajin2lah untuk bergaul dengan orang sholeh agar mendapatkan siraman motivasi dan juga nasehat2 yg baik dalam kehidupan sehari2.

Terakhir ,menjawab pertanyaan di awal tulisan ini ,kenapa ramadhan tidak setahun?? Di salah satu ceramah yang pernah saya dengar ,dikatakan
ramadhan adalah latihan , latihan kita untuk meningkatkan iman kita , dan tentunya juga sebagai suatu langkah kita untuk mengapresiasi diri kita kembali ke fitrah. Saya pernah menghadiri seminar leadership di perusahaan MLM tersebut, disana semuanya diapresiasi sedemikian baik ,bahkan ada bonus2 yg luar biasa yg diberikan,mobil mewah ,terbang naik helicopter,liburan ke luar negeri dan lain2nya. Nah di bulan ramadhan ini kan juga ada lailatul qadar ,yaitu malam yg nilainya lebih baik dari seribu bulan,berarti ini juga bonus yg luar biasa tentunya bagi beberapa orang yg berusaha keras mendapatkannya. Kemudian para pemenang di bulan ramadhan ini juga dikatakan oleh berbagai ulama dan rasul adalah bagaikan seperti bayi yang terlahir kembali dosa2nya. Subhanallah, bonus yg tak kalah hebatnya bukan dengan mobil mewah sekalipun??

Alangkah indahnya jika ada ramadhan setaun penuh ,mungkin nanti namanya bukan bulan ramadhan ya?? Tapi tahun ramadhan dong ya?? (jadi ingat tahun kabisat yg 4 tahun sekali itu:D ) tapi memang
gak mungkinlah latihan itu lebih lama dari prakteknya. Jadi sebenarnya esensinya adalah bagaimana kita lulus dari latihan ini untuk kita bawa di bulan2 selanjutnya ,sebagai bekal kita tentunya, yaitu bekal kita untuk di akherat nanti.

Semoga apa yg saya sampaikan ini dapat berguna, jika ada salah pasti itu dari saya sebagai manusia ,tapi jika ada yang baik semua itu pasti dari Allah ,karena hanya Allah lah yang pantas untuk dipuji ,yang lain terlalu kecil dan tidak berarti dibandingkan kebesaranNYA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

isi kertas ujian ini :

hits