Selamat datang dan belajar sesuatu dari kehidupan saya ini

Terimakasih karena telah sudi mampir di blog saya yg sederhana ini,silahkan komen ataupun sekedar say hai,itupun sudah terlalu mewah buat seorang saya.

teriring doa untuk kesejahteraan kita bersama

-didot-

Selasa, 24 November 2009

2012 memang harus demikian.


2012 memang harus demikian

by : didot ( www.universitas-kehidupan.blogspot.com )


Maaf seribu maaf ,tulisan kali ini bukan sekedar latah karena film ini lagi booming terus saya mau ikut2an ngulas film ini biar dibilang eksis. gak, sama sekali gak. infact to tell ya the truth ,i haven't seen it ,well at least sampai tulisan ini selesai saya buat pun ,belum juga saya tonton film itu.

Alasan saya bikin tulisan ini cuma satu, walaupun belum nonton tapi kurang lebih udah tau gimana cerita dan akhirnya (yeah right, thanks to some people who happens to spoil the end of this movie for me ) . Ternyata katanya (ya kata yg udah nonton lho ya,karena saya belum) orang yg punya uang banyak itu bisa selamat naik kapal yg dibikin buat survive dari bencana terbesar umat manusia itu.


Ada beberapa orang teman yg udah nonton jadi sinis ngomong " kiamat kok ada yg selamat" hahaha... yah biarin aja lah toh judulnya kan memang bukan 'Doomsday' toh?? 2012 hanya sebuah film tentang bencana, bencana besar yg diartikan sebagai kiamat (saking besarnya) ,tapi kiamat lebih dari itu,kiamat gak ada yg selamat,otherwise gak bakalan disebut demikian.
mungkin kalo soal banyaknya korban ,film 'i am legend' juga mengambarkan manusia sebagian besar udah berubah jadi zombie kan?? kalo seandainya itu dibilang bencana kiamat juga bisa dong? umat manusia difilm itu kan udah turun jadi tinggal 10% aja (akibat virus krippin yg bermutasi).

Gak mau terlalu panjang lebar lagi soal kiamat ,yg mana hanya Tuhan aja yg tahu soal itu. kenapa?? kalo seandainya saja kita tahu kapan itu kiamat,katakan aja 2 tahun dari sekarang. lalu mana ada orang yg mau bangun jalanan untuk jangka waktu 10 tahun atau lebih? apalagi mau bikin rencana jangka panjang sampai 50 tahun atau 100 tahun?? Thus ,it will destroy the hope for us human , to know about this secret. karena itulah bahkan malaikat pun gak dikasih tau soal kiamat. beneran ,kiamat cuma Tuhan yg tau,malaikat juga gak tau kok kapan.


Sisi lain yg mau saya kupas sedikit adalah bahwa film ini haruslah berakhir dengan harapan bahwa umat manusia akan survive. justru inilah yg paling penting menurut saya. manusia hidup karena harapan hari esok yg lebih baik. kalau tidak merasa punya masa depan yg lebih baik lagi buat apa kita hidup lama2? biasanya orang yg merasa tidak punya harapan hidup lagi akan cenderung memilih mengakhiri hidupnya.


Pernah dengar cerita soal kotak pandora?? ya kotak pandora konon terbuka dan membuat seluruh dunia ditimpa penyakit dan segala keburukan,untungnya kotak tersebut masih sempat ditutup untuk diselamatkan satu hal yg sangat penting bagi umat manusia. apakah itu? itulah Harapan atau bahasa inggrisnya hope. baca tulisan saya juga soal harapan dan kotak pandora disini ya

Harapan juga terbukti sangat berperan besar dalam studi yg dilakukan oleh Daniel Goleman dalam bukunya Emotional Intellegence. dimana orang yg punya harapan lebih besar akan cenderung lebih berhasil dalam hidupnya saat orang tersebut ditimpa masalah atau musibah.

jadi jangan terlalu cepat menghakimi film ini kawan,harapan itu harus ada,karena tanpa harapan ,apa jadinya dunia ini??

7 komentar:

  1. ini beneran kaya ujian...abis baca trus isi titik-titik :D
    setuju about "hope" ...karena sometimes when there's nothing left...hope is all we've got.

    BalasHapus
  2. hahaha... dibuat sedemikian rupa sih biar kayak di kampuz,hihihi..

    What is a life without Hope??

    BalasHapus
  3. well, sudah ada hadistnya toh..
    walaupun kamu tahu besok kiamat, maka tetaplah semaikan bibit tanaman itu..
    *kira2 begitu*, narasi tepatnya saya tidak hafal dot.. :)

    udah nonton sih, nemenin kakek saya yang katanya pengen banget, komen papihku itu cuma :

    "yah, itu mah kaya kisah nabi Nuh yahh..kirain pada mati semua.." and he laughed on it..

    BalasHapus
  4. kalau menurut saya film 2012 bukan film kiamat.

    setelah saya tonton, sepertinya si pembuat film terinstipirasi dengan suku maya yang memiliki kalender berakhir di 2012 kemudian dihubungkan lah dengan fenomena alam yang semakin tidak menentu.

    nah dalam film tersebut diceritakanlah ilmuwan yang meneliti gejala alam yang tidak baik akan terjadi, ceritanya berlaku untuk seluruh dunia. Dan ada beberapa negara yang ternyata sudah siap menghadapi gejolak alam tersebut yaitu negara cina dengan persiapan bahteranya.

    waktu gejolak alam itu terjadi semua manusia merasakan seolah-olah "kiamat". Mungkin gambarannya sama seperti jika kita menghadapi satu peristiwa musibah yang besar contoh seperti tsunami di aceh, pasti waktu itu terjadi orang2 aceh sudah merasa seperti kiamat. Lalu contoh lain gempa di padang, mereka juga saya rasa merasakan seperti kiamat.

    Nah dalam film 2012 rakyat seluruh dunia juga ceritanya seperti mengalami kiamat. Maka tak heran dalam film tersebut orang2 banyak yang menyerukan untuk bertobat karena kiamat mau datang.

    Nah disitulah letak "kiamatnya" tapi film 2012 itu sendiri akhirnya bisa kita bilang bukan film kiamat karena ternyata ceritanya dari sekian manusia dimuka bumi ini toch ada yang selamat. Kalau memang film ini pure murni ksh tau kiamat pasti ending dari film ini adalah gelap gulita trus ada tulisan "ending" maksudnya tidak ada yang hidup.......

    justru saya melihat film ini lebih penggambaran akan cerita kisah Nabi Nuh... dimana saat itu ada bahtera yang dipersiapkan dan hewan2 yang diselamatkan. Dalam film 2012 ini kan hewan memang diselamatkan pake hilikopter, jadi film 2012 adalah penggambaran kisah nabi nuh tapi dikondisikan atau diceritakan dalam konteks dunia yang modern..........

    heheheh just numpang kasih koment yaaa.. buts nice your blog, i like it...

    have a great day!!!

    BalasHapus
  5. thya : "walaupun besok kiamat...." itu emang benar kok,saya juga tau hadits itu. bener ini kek cerita nabi nuh,tuh liat dibawah kamu juga komennya sama. nabi nuh versi modern kali ya? :D
    martha : setuju deh sama pendapatnya... (walaupun masih belum nonton juga:D )
    padahal versi komedinya ada juga ya,kalo gak salah judulnya evan almighty, lanjutannya bruce almighty ;)

    BalasHapus
  6. saya rasa film ini cuman memperngatkan umat manusia, tentang kehancuran bumi yang sudah didepan mata, tahun 2012 ataupun tahun-tahun berikutnya. Save the earth dong, bukannya malah asik menghakimi. tul gak?

    BalasHapus
  7. betul bu ,setuju banget!! lebih baik mulai menyalakan lilin daripada sibuk mengutuki kegelapan yg ada;p

    BalasHapus

isi kertas ujian ini :

hits