Selamat datang dan belajar sesuatu dari kehidupan saya ini

Terimakasih karena telah sudi mampir di blog saya yg sederhana ini,silahkan komen ataupun sekedar say hai,itupun sudah terlalu mewah buat seorang saya.

teriring doa untuk kesejahteraan kita bersama

-didot-

Jumat, 11 Desember 2009

Tahun baru apanya yg baru??



Tahun baru apanya yg baru?



by : didot (www.universitas-kehidupan.blogspot.com)


mumpung udah deket tahun baru saya nulis dikit ah tentang tahun baru.

Tahun baru,selalu identik dengan pesta ,liat aja dimana2,setiap tempat berlomba2 bikin event paling seru paling meriah paling gokil.

well ,saya cuma pengen ambil pendeketan beda di tahun ini, seiring bertambahnya umur,bertambah tuanya bumi kita,bertambah dekatnya kita ke ajal,bukankah lebih baik jika perayaan tahun ini berbeda dengan tahun2 sebelumnya??


Anda yg spending di hotel ,beramai2 dengan sahabat ataupun pacar , kemungkinan besar merayakan dengan minum2 ataupun mabuk2an ,bahkan sex?? well its very common here in jakarta. semua hotel tuh penuh dengan yg seperti itu.

bukankah lebih baik uangnya untuk membantu sesama kita di panti asuhan? mereka jauh lebih membutuhkannya. lagipula jika uang tersebut malah mendukung rencana2 maksiat kita,bukankan seharusnya kita sayangkan?? sebuah materi yg dapat berguna untuk sesama kita dan juga kebaikan kita sendiri (di akherat paling tidak) malah mendekatkan kita kepada api neraka.

untuk itu saya mengingatkan dan mengajak,bagi yg sudah bertahun2 melakukan pesta2 seperti itu,bukankan sudah saatnya kita mengganti dengan yg lebih baik di awal tahun yg baru nanti?
bukankah lebih indah jika kita introspeksi diri dan merencanakan apa yg akan kita lakukan dan perbaiki di tahun yg akan datang? atau kita mendatangi tempat2 ibadah untuk merenung dan mendekatkan diri kepadaNYA??

anda tidak semakin muda,bukankah sudah cukup semua perilaku hedonis itu berlangsung? sampai kapan anda mau berubah? sampai semuanya terlambat? anda tidak takut pada murka Tuhan?? mari kita akhiri tulisan ini dengan sebuah perenungan mendalam : mengapa saya diciptakan oleh Tuhan?? kenapa saya harus terlahir di dunia?? Dan jika anda sudah bisa menjawabnya silahkan mengikuti kata hati anda,apakah sudah sesuai perilaku pesta tahun baru yg anda rencanakan kali ini dengan tujuan anda diciptakan??

8 komentar:

  1. aku sih umur segini tahun baru dah nggak tertarik sama party... dah malu ah sama umur... heheheh

    biasanya kumpul dan kebaktian deh di rumah... abis itu karokean deh di rumah... lebih asik juga pesat sama keluarga di rumah... mabok oren jus sama susu sampe muntah... hehehehe

    BalasHapus
  2. akhir tahun enaknya muhasabah tepi pantai sambil kecil2an membuat target tahun baru yang akan datang :) .. wew..

    hari esok harus lebih baik dari hari ini dan kemarin, harus itu..

    BalasHapus
  3. akhir tahun enaknya kumpul sama kluarga dan saling mengeluarkan uneg2, sambil berjanji tahun depan akan jadi anggota kluarga yg lebih baik

    BalasHapus
  4. Menjelang tahun baru ini, pasti gue bakal di serbu pertanyaan...

    Tahun baru kemana???

    Gue bingung. Apa tahun baru itu gue mesti kesuatu tempat? Apa tahun baru gue mesti kemana-mana?
    Gak mesti kan?

    Walaupun kalo bisa gue jawab. Jawaban gue tetap akan sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Kami sekeluarga besar (dari suami) akan menginap di villa di puncak milik salah satu kerabat.

    Jadi Tahun baru?
    Mmm...harusnya siy perenungan ya, Dot :)
    Setiap tahun baru menandakan bumi yang semakin tua, manusia yang bertambah umur. Seharusnya ada syukur karena kita masih bisa di berikan hidup oleh Allah sampai detik ini...sisanya? intropeksi diri lah...diberikan waktu kan bisa saja karena Allah pikir kita kebanyakan dosa, jadi di kasih waktu buat tobat.

    Ya gak si Dot? :)

    BalasHapus
  5. ninneta : itu mabok juga tuh namanya,mabok susu dan OJ ,hehe:D
    thya : keren thy, muhasabahnya beda. you really like the sea huh?? good for you:)
    cynical : nice one, jadi tiap tahun ada perbaikan yg berarti dalam keluarga:D
    yessy : betul banget bu yessy, umur itu seperti pisau juga ,tergantung digunakannya untuk apa,bisa jadi baik kalo digunakan untuk baik,bisa jadi buruk kalo digunakan untuk buruk. well kita harus pandai menggunakan sisa umur yg ada tentunya. dan pasti ,saya banyak dosa jadi mudah2an sisa umur yg ada bisa menebusnya:)

    BalasHapus
  6. akhir tahun.... biasanya sih kita ngumpul terus ngomong satu-satu sebagai kritikan atau sumbang saran setelah itu makan kue rame2 yang dibuat my mom,

    tapi hal itu udah jarang karena udah pada gede, jadi kebanyakan punya acara sendiri-sendiri, kalaupun ngumpul dirumah cuma doa trus baru pasang kembang api yang bagus-bagus sampe pagi sampe bosen, atau kalau pas punya duit paling jalan2 ke puncak gitu deh....

    kalo gak punya duit dan gak kemana-mana yaaa tidur aja....

    BalasHapus
  7. Hmmmm, pembahasan menarik soal tahun baru yg kebetulan tinggal beberapa hari lagi.
    In a way, berbagai acara dan kegiatan menjelang tahun baru bisa kita lihat dari sisi lainnya, yaitu spirit atau semangat melanjutkan hidup baru dengan mungkin tujuan tujuan baru yang lebih baik. Manusia perlu semangat hidup untuk bisa hidup.
    Namun bagaimana pelaksanaannya, ya tentu kembali asal dalam batas-batas kewajaran. Nah ini yang kita manusia seringkali lupa.

    Saya pribadi sudah lebih dari 35 tahun (alhamdulillah) melewati acara tahun baru dengan berbagai macam gaya. Mulai dari sekedar kumpul2 sama keluarga, nonton film di bioskop sampe pagi, sama pacar (sekarang mantan), party2 sampe pagi, itikaf di mesjid, sampe diem aja sendiri di rumah sambil nonton tv, atau bahkan ketiduran dan lupa bahwa malam itu malam tahun baru.
    Kalau ditanya, mau ngapain saya pada malam tahun baru 2010, terus terang belum terpikirkan mau ngapain. Just excited because it's gonna be a very long week end, karena tanggal 1 jatuh pada hari jumat sementara tanggal 31 kantor tutup dan boleh libur.
    Most likely sih, pilihan diem diem di rumah akan jadi pilihan paling menarik. Alasannya nggak muluk-muluk kok, lebih karena "malu" sama umur dan enggan bermacet-macet di jalan atau berhiruk pikuk di tempat keramaian.

    Selamat tahun baru, ya. Semoga kita semua dapat menjadi lebih baik, lebih positif dan lebih mendekat pada Nya di tahun yang baru nanti..
    Amin.

    BalasHapus
  8. makasih debbie,atas sharingnya,memang kadang momen tahun baru dilewatkan dengan berbagai macam gaya,tergantung dari pemahaman dan suasana kita saat itu,semoga tahun baru ini ada sesuatu yg baru lagi buat kita semua untuk dirasakan dan bermanfaat untuk dunia dan akherat kita:)

    BalasHapus

isi kertas ujian ini :

hits