Selamat datang dan belajar sesuatu dari kehidupan saya ini

Terimakasih karena telah sudi mampir di blog saya yg sederhana ini,silahkan komen ataupun sekedar say hai,itupun sudah terlalu mewah buat seorang saya.

teriring doa untuk kesejahteraan kita bersama

-didot-

Minggu, 25 Oktober 2009

kebiasaan yg baik dalam ibadah

Kebiasaan yg baik dalam ibadah

By : didot (www.universitas-kehidupan.blogspot.com )


Manusia itu mahluk kebiasaan. Kita adalah kumpulan dari kebiasaan2 kita sehari2. karakter kita adalah hasil dari kebiaasan yg kita lakukan. Seorang penjahat disebut demikian karena sering berbuat jahat. Kalau hanya sekali tidak dapat disebut jahat,tapi khilaf.

Nah cerita saya kali ini terinspirasi saat saya melewati suatu daerah di Jakarta utara yg penuh dengan sampah. Suatu tempat tinggal dimana di depannya ada sebuah kali yg penuh dengan sampah,bagaimana bisa manusia merasa nyaman hidup di tempat itu?? Bisa dibayangkan ,dulu awalnya pasti sungai itu tidak kotor,atapun dulunya mungkin dia tidak tinggal disana ,tapi karena terbiasa kini buat mereka suatu hal yg biasa saja,tapi buat saya yg melewati sejenak sangatlah mengganggu.

Fitrah manusia itu sukanya kepada yg bersih,kalau kemudian dia dapat hidup dan beradaptasi di lingkungan yg kotor karena dia telah lama menyesuaikan diri dan nyaman disana. Ini berbahaya teman2 sekalian ,jika itu suatu yg buruk lalu kita biasakan maka hal tersebut akan jadi karakter kita nantinya.

Nah kali ini saya bicarakan kasus yg sangat simple,misalnya mengabaikan panggilan sholat. Jika kita terbiasa mengabaikan panggilan sholat itu (atapun tidak mendulukan panggilan tersebut dengan sholat di awal waktu) maka lama2 itu akan jadi karakter kita yg kurang baik. Kita semua tau kalo sholat itu yg baik di awal waktu kan? Belum lagi jika kita sering mengabaikan panggilan Allah ,maka kemungkinan hati kita nanti tidak sensitif lagi saat mendengar namaNYA disebut.

Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal. (QS 8 : 2 )

Bukankah tujuan hidup manusia yg utama adalah mengabdi kepadaNYA?? Bukankah seharusnya kita langsung bergerak saat mendengar namaNYA disebut dan diagungkan.

Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku. (QS 51 : 56 )

Semoga berguna untuk direnungkan bersama ,agar bersegera saat panggilan agung itu datang..

-didot-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

isi kertas ujian ini :

hits